Friday, May 26, 2017

Update Roster Setelah Kiev Major 2017

Update roster pro player Dota 2 setelah kiev major 2017 - Dota2pedia.com

Salah satu ajang musiman bergengsi yang diadakan oleh Valve, yakni Kiev Major 2017, atau beberapa kalangan menyebutnya dengan Winter Major, telah berakhir pada 30 April lalu. Berakhirnya Kiev Major juga membawa agenda tersendiri bagi setiap tim untuk melakukan perombakan tim, baik berskala kecil maupun total. Dengan sisa waktu yang ada, dimana ajang paling bergengsi yaitu The International yang akan dihelat pada bulan Agustus mendatang, para tim kompetitif berlomba-lomba memperbaiki performanya masing-masing. Dengan deadline yang jatuh pada tanggal 24 Mei kemarin, kami akan mencoba memberikan kabar terbaru seputar perubahan roster dari sejumlah tim Dota 2 ternama dari berbagai benua secara singkat, padat, dan jelas.

SEA Region


Kita mulai dengan update roster tim SEA. Jika berkaca dari ajang Kiev Major lalu, hanya ada 2 tim asal SEA yang mampu berlaga, yaitu ada Team Faceless dan TNC Pro Team. Kedua tim yang saling bertemu di babak 16 besar ini tidak melakukan perubahan yang drastic. Seperti di Team Faceless, tim yang dipelopori oleh Daryl Koh Pei Xiang a.k.a iceiceice ini tidak merubah susunan timnya dan masih sama diisi oleh Black^ di pos 1, Jabz di pos 2, xy- di pos 4, dan Nutz di pos 5. Sedangkan di TNC Pro Team hanya ada 1 nama yang keluar, yaitu Ryo “ryOyr” Hasegawa yang kembali ke tim lamanya, Mineski. Posisi yang ditinggalkan ryOyr tersebut telah diisi oleh mantan pemain Team NP, Theeban “1437” Siva. Sekedar trivia, bahwa 1437 adalah pemain asal benua Amerika kedua yang berlabuh di TNC setelah Jimmy “DeMoN” Ho pada 2016 lalu, dan sangat menarik untuk disimak apakah pemain yang berposisi sebagai Support itu akan sesukses DeMoN pada ajang The International nanti. Mengintip sedikit ke tim tetangga TNC, yaitu Mineski, yang juga baru saja kedatangan roster berkebangsaan eropa seperti .Ark (Russia) di pos 1, dan Mag~ (Ukraina) di pos 3. Bergeser sedikit ke tim asal Malaysia, seperti Fnatic dan Geek Fam. Seperti tidak puas dengan performa Carry senior, Meracle, Fnatic menggaet Ahjit untuk bermain di pos 1 bersama dengan QO di pos 2, Ohaiyo di pos 3, DJ di pos 4, Febby di pos 5, dan menempatkan Meracle di bangku cadangan. Kemudian tidak ketinggalan di roster tim Geek Fam kedatangan seorang pemain senior berkebangsaan Belanda, SexyBamboe yang mengisi kekosongan posisi 5 bersama Syeonix di pos 1, Teehee di pos 2, Velo di pos 3, dan Roddgeee di pos 4.

China Region


Sekarang kita bergeser ke salah satu region yang terkenal dengan gaya mainnya dengan julukan Chinese Doto, ya tim asal China. Pada Kiev Major yang telah berlangsung April lalu terdapat 5 tim asal China, yakni Team Random, Newbee, VGJ, IG dan IG Vitality. Dari kelima tim tersebut hanya ada Team Random yang hampir semua pemainnya meninggalkan tim, kecuali iceice. Mantan kapten Team Random, Zhang “ y’ ” Yiping, bersama Zhang “Faith_bian” Ruida telah bergabung dengan tim EHOME untuk mengisi posisi 5 dan 3, sedangkan sang Carry, Chu “shadow” Zheyu bergabung dengan tim kompetitif Dota 2 yang notabene masih baru, Eclipse. Keadaan yang sangat bertolak belakang dengan tim lain yang berlaga di Kiev lalu seperti VGJ, IG, iG Vitality, dan Newbee, karena keempat tim tersebut tidak ada yang mengganti susunan timnya sama sekali. Sementara itu di tim ternama lainnya seperti LFY yang kedatangan Inflame dari tim CDEC.Y di pos 3 dan Ahfu di pos 4. Mereka berdua akan bermain menemani Monet di pos 1, Super di pos 2, dan DDC di pos 5. Lalu ada kabar dari VG yang juga baru saja kedatangan pemain senior yang baru kembali dari masa istirahatnya, Hao, mengisi pos 1 yang ditinggalkan END, dan Chuan yang mengisi pos 5 yang ditinggalkan DDC. Mereka bergabung dengan 3 pemain VG lainnya seperti Ori di pos 2, Yang di pos 3, dan Hym di pos 4.


North & South America Region


Beralih ke benua Amerika, dimana terdapat 4 tim yang berlaga di Kiev pada April lalu. Dimulai dari satu-satunya tim Amerika yang berhasil merengkuh ke 4 besar, Evil Geniuses (EG), dimana tidak ada satupun pemain yang meninggalkan roster. Pernyataan tersebut diunggah langsung oleh sang kapten sendiri, Andreas “Cr1t-“ Nielsen lewat klipnya di situs Twitch, serta post di Instagram ofisial Evil Genius yang berisi, “EG Dota tidak akan membuat perubahan roster setelah Kiev Major! Dengan musim LAN yang padat di depan kami sebelum TI, kalian akan melihat lebih banyak dari apa yang akan kami lakukan. #BleedBlue”. Selain EG, 2 tim Amerika lain seperti Thunderbirds dan SG e-sports juga tidak melakukan perombakan roster. Keadaan yang sedikit berbeda malah ditunjukan oleh tim Digital Chaos (DC), dimana Jimmy “DeMoN” Ho memutuskan untuk keluar dan bergabung ke tim compLexity bersama Moo di pos 1, Feero di pos 2, Swindle di pos 3, dan Zfreek di pos 5. Posisi 3 di tim DC yang kosong akhirnya diisi oleh pemain berkebangsaan korea, yakni Forev. Pemain yang pernah membela tim MVP dan tim Secret itu akan ditemani oleh mason di pos 1, Abed di pos 2, Bulba yang pindah ke pos 4, dan DuBu di pos 5. Nama tim besar lainnya seperti Team NP juga ikut merubah susunan pemainnya. Setelah gagal berlaga di Kiev Major dan meraih hasil yang kurang memuaskan di ajang Dota 2 Asia Championship, Theeban “1437” Siva dan Avery “SVG” Silverman harus dikeluarkan dari roster. Sebagai gantinya, Adrian “FATA~” Trinks dan Johan “pieliedie” Åström bergabung mengisi pos 2 dan 5 ditemani oleh sang kapten EternalEnvy di pos 1, MSS di pos 3, dan Aui_2000 di pos 4. Dengan masuknya FATA~ dan pieliedie seolah-olah menjadi reuni tersendiri bagi semua pemain, karena faktanya mereka semua pernah bermain 1 tim ketika masih berseragam Cloud 9 pada 2015 silam.

Europe & CIS Region


Kita berada di region kompetitif yang terakhir, yaitu benua eropa. Dari 5 tim yang berlaga di Kiev Major lalu sebagian besar tim memilih untuk tidak melakukan perombakan roster. Sang juara bertahan, OG, seperti masih menikmati bulan madunya pasca meraih juara Kiev Major dengan mempertahankan roster-nya seperti N0tail di pos 1, ana di pos 2, s4 di pos 3, JerAx di pos 4, dan Fly di pos 5. Dengan hasil dari Kiev Major lalu, praktis OG menjadi tim yang mencatat sejarah dengan menjuarai ajang musiman Valve 4 kali (Frankfurt Major 2015, Manila Major 2016, Boston Major 2016, dan Kiev Major 2017) atau yang terbanyak untuk saat ini. Selain itu, tim yang menjadi lawan OG di final Kiev Major, Virtus.Pro juga tak merombak timnya dan masih sama dengan Ramzess666 di pos 1, No[O]ne di pos 2, 9pasha di pos 3, Lil di pos 4, dan Solo di pos 5. Tea, Liquid juga ikut mempertahankan roster-nya dengan beranggotakan Matumbaman di pos 1, Miracle~ di pos 2, Mind_Control di pos 3, gh di pos 4, dan sang kapten KuroKy di pos 5. Kemudian di tim Mousesport juga tidak ada kabar perombakan tim. Meskipun menuai hasil mengecewakan pada ajang tersebut, Mousesport memilih untuk mengunci roster-nya yang sama yang beranggotakan Madara di pos 1, Thug di pos 2, SkyLark di pos 3, Maybe Next Time di pos 4, dan SsaSpartan di pos 5. Tim eropa terakhir yang berlaga di Kiev Major, Team Secret, melakukan perombakan kecil pada roster-nya. Tim yang dijagokan menjadi juara ini harus berakhir di babak 16 besar di tangan tim debutan, SG e-sports. Buntut dari hasil negatif tersebut, Team Secret di akun resmi Facebook-nya membuat pernyataan bahwa Johan “pieliedie” Åström telah berpisah dari tim. Posisi yang ditinggalkan pieliedie dengan cepat diisi oleh Yazied “YapzOr” Jaradat. YapzOr akan bermain di Team Secret ditemani oleh MP dan MidOne yang tidak beranjak dari pos 1 dan pos 2, KheZu di pos 3, dan sang kapten Puppey yang bergeser ke pos 5. 
Smiley face

Hendri

"Do something good to others, then something good will happen to you too"

Facebook | Twitter | Instagram

COMPLETE ARTICLE ON NEXT PAGE

Next Page(s)

Leave your comment below. Good game well played.